Teks Warna

Jumat, 29 Agustus 2014

KODE AKI/BATTERY/ACCUMULATOR

tips: Mengingat Kembali Kode Aki / Battery / Accumulator (mobil – motor)

 
 
 
 
 
 
26 biker menilai


Akumulator (accu, aki) adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi (umumnya energi listrik) dalam bentuk energi kimia. Contoh-contoh akumulator adalah baterai dan kapasitor.
Pada umumnya di Indonesia, kata akumulator (sebagai aki atau accu) hanya dimengerti sebagai “baterai” mobil. Sedangkan di bahasa Inggris, kata akumulator dapat mengacu kepada baterai, kapasitor, kompulsator, dll.
di dalam standar internasional setiap satu cell akumulator memiliki tegangan sebesar 2 volt. sehingga aki 12 volt, memiliki 6 cell sedangkan aki 24 volt memiliki 12 cell.
Aki merupakan sel yang banyak kita jumpai karena banyak digunakan pada sepeda motor maupun mobil. Aki temasuk sel sekunder, karena selain menghasilkan arus listrik, aki juga dapat diisi arus listrik kembali. secara sederhana aki merupakan sel yang terdiri dari elektrode Pb sebagai anode dan PbO2 sebagai katode dengan elektrolit H2SO4

Mengenal Kode yang ada di Aki

Kali ini kphmph coba memberikan panduan agar Anda dapat membaca kapasitas dan lebih mengerti aki yang Anda gunakan secara langsung.
Kode aki dituliskan mengikuti 2 standar/metode:
1. Japan Industrial Standard (JIS)
2. Deutsches Institut für Normung (DIN)
Sepertinya yang lebih banyak beredar adalah aki berstandar JIS. Ini sesuai dengan permintaan pasar yang lebih banyak kepada kendaraan Jepang.
Setiap aki punya kode yang bisa dilihat langsung pada akinya.
Perbedaan standar bisa dilihat pada letak kepala aki (kutub): tenggelam untuk aki tipe DIN dan muncul untuk aki tipe JIS (lebih tinggi).
Aki Japan Industrial Standard (JIS)

Contoh 1: Aki NS40ZLS
    • N = Normal
    • S = pengurangan daya aki sebesar 20%
    • 40 = daya utama aki
    • Z = penambahan daya aki sebesar 10% setelah dikurangi 20% (huruf S pertama)
    • L = left, artinya pole (kepala aki / kutub negatif) [-]) berada di sebelah kiri.
      Tanpa kode ini pole pasti berada di sebelah kanan.
    • S = aki memiliki kutub ukuran besar
Jadi aki NS40ZLS mempunyai daya: 40Ah – 20% + 10% = 32 Ah dengan pole sebelah kiri dan kepala aki besar.
Contoh 2: Aki N 40
    • Daya utama 40Ah
    • Kepala aki besar, walaupun tidak memiliki kode S dibelakangnya.
      Hal ini karena huruf awalnya bukan NS.
Contoh lain:
    • Aki NS 40: kapasitas 32 Ah
    • Aki NS 40 Z: kapasitas 35 Ah
    • Aki NS 40 ZS: kapasitas 35 Ah dengan kepala aki besar
Sekarang ini kode di atas mengalami perubahan menjadi lebih simpel.
Seperti NS 40 menjadi 32B20R, artinya:
    • 32: kapasitas aktual aki 32 Ah
    • B: kode baterai
    • 20: panjang aki 20cm
    • R: posisi pole di sebelah kanan
Aki Deutsches Institut für Normung (DIN)

Aki DIN banyak digunakan untuk mobil buatan Eropa.
Aki ini menggunakan kode 5 digit angka. Tapi yang perlu diperhatikan hanya 3 digit angka di depan.
Cara membacanya:
    • Angka I 5 menjadi 0
    • Angka I 6 menjadi 1
    • Angka I 7 menjadi 2
Contoh: Aki 54533
    1. Angka I 5: menjadi angka 0
    2. Angka II & III 45 = tetap angka 45
Kapasitas (daya) aki adalah 045 Ah = 45 Ah
Contoh lain: Aki 73530
Kapasitas aki adalah: 235 Ah.
Kode Produksi Aki
* Aki Yuasa
Menggunakan penomoran 7 digit.
Dua nomor pertama adalah kode hari, dua angka berikut tanda bulan produksi, dua angka berikut tahun produksi, dan angka terakhir kode negara produksi.
Contoh: Kode tanggal 2106049
Artinya aki ini diproduksi hari ke-21, di bulan ke-6, di tahun 2004, dan diproduksi di Indonesia.
* Aki GS
Menggunakan 6 digit kode.
Contoh: Kode Tanggal 20B4B5
Tanggal produksi di dua nomor pertama.
B berarti dibikin November. GS memberi kode untuk bulan Januari- September menggunakan angka 1 sampai 9. Untuk Oktober-Desember menggunakan kode A sampai C.
Angka 4 berarti tahun produksi.
Sedangkan B5, waktu shift dan jalur produksi aki di pabrik.
 by VITTA-Q  end

.

Membaca Kode Aki, Hindari Salah Beli!

Menjadi cermat sebelum membeli barang, bisa meminimalkan kesalahan. Misalnya seperti beli aki buat motor kesayangan. Aki juga mempunyai kode yang bisa jadi patokan kebutuhan. So, buat sobat yang ingin beli aki, silakan baca dulu kode-nya.

Buat aki motor, kode ini biasanya tertera di bodi. Terutama di bagian terdepan. Buat mudahnya coba ambil salah satu accu. Misalnya, merek GS Battery. “Kode ini bisa memewakili setiap tipe aki,” ungkap Sahrudin dari divisi Technical Support PT GS Battery Indonesia.
Contohnya jika tertera tulisan atau kode GM4-3B dan di bawahnya tertera tulisan 12V-4AH/10. Mulai GM4-3B dulu ya. GM = aki polymion (12 volt). 4 = kapasitas aki dalam 10 jam. 3 = posisi terminal aki (untuk posisi terminal aki, ada 4 model. Tapi, untuk nomor 3, posisinya sejajar dengan terminal positif di kanan dan terminal negatif di sisi kiri).
B = posisi lubang udara (ada 4 model untuk posisi lubang udara. Untuk tipe B, letaknya di samping kanan). Lanjut ke 12V-4AH/10. 12V = tegangan nominal aki. 4AH/10hr = kapasitas aki (4 ampere jam). Sekarang tinggal lebih teliti lagi deh sebelum membeli.
by (motorplus-online) end.
.

Kode Produksi Aki

Aki merupakan komponen penting pada kendaraan, memberikan pasokan listrik pada kendaraan. Setidaknya 1 hingga 2 tahun ‘kotak Ajaib’ tersebut diganti. Hanya saja, saat hendak mengganti aki baru, Anda mesti teliti sebelum membeli.

Idealnya, mulai dari spesifikasi hingga performa aki maksimal saat penggantian aki baru. Terkadang konsumen lupa berkaitan dengan performa aki yang tidak maksimal. Padahal, saat membeli, aki tersebut terbilang “baru”. “Voltase ideal aki, terutama Maintenance Free 12,8 Volt. Sementara suhu penyimpanan mempengaruhi performa aki secara gradual. Manejemen penyimpanan dealer/toko menjadi penting agar aki tetap prima,” kata Hadi, General Manager Aki Massiv.
Selain itu langkah preventif lainnya, sebaiknya anda mengerti arti kode dalam aki yang bersangkutan. Kode inilah menjadi acuan konsumen untuk melihat penanggalan produksi aki bersangkutan. Caranya, dengan mengerti arti kode produksi pada aki di luar masalah teknis tentunya. Biasanya, kode produksi melekat pada bodi aki ataupun pada kemasannya.
KODE PRODUKSI
Bukan sekadar angka dan huruf semata yang melekat pada bodi aki. Kombinasi ini punya arti dan Anda, sebagai konsumen bisa melihat ini untuk bahan pertimbangan membeli unit tersebut atau tidak. Biasanya ski produksi lokal, sebagian besar mencantumkan kode produksi. Informasi ini bisa digunakan untuk melihat performa aktual,” tukas Hadi.
Terlepas dari merek atau pabrikan, kode produksi cukup bisa membantu, untuk menilai “performa” optimal aki sedari awal. Umumnya, kode aki ini memuat unsur penanggalan (bulan atau tahun), shift, dan kode perusahaan, berikut contahnya,

Voltase Turun, Harus di-Charge Lagi
Idealnya, produksi relatif baru menjadi pilihan, Namun, bagaimana bila akinya relatif produksi lawas? Maklum, semakin tinggi temperaturnya, kian cepat penurunan performa aki saat penyimpanan di toko, terutama untuk Maintenance Free.
Ilustrasinya, bila aki MF tersimpan selama setahun di dealer (toko), voltase-nya menurun hingga 12,35 Volt. Lalu apa yang salah? Tidak perlu risau dalam hal ini. Bila kasusnya seperti ini, pihak dealer atau toko bakal men-charge kembali hingga aki tersebut mencapai performa ideal, 12,8 Volt. [ab]
by SolusiMobil end
.

Baca kode produksi aki sebelum membeli

Sebelum mengganti aki kendaraan anda ,ada baiknya anda mengenal kode yg ada pada aki ,ada dua standarisasi, Yakni standar Jepang (JIS) dan Jerman (DIN).
JIS (Japan Industrial Standard) type.
 Hampir semua jenis kendaraan produksi negara mataharjenis ini (JIS) sebagai standarisasi di negara mereka khusunya dan di asia pada umumnya, contoh kode memakai  NS40ZLS.
Cara bacanya :
  • Huruf  N = berarti Normal
  • Huruf kedua S = merupakan pengurangan daya aki sebesar 20%.
  • Kode 40 = adalah angka utama daya.
  • Huruf Z = yakni penambahan daya aki sekitar 10% setelah dikurang huruf ‘S’ pertama.
  • Huruf L= artinya “left”, yang menandakan pole (posisi kutup kepala aki (-) berada disebelah kiri).
  • Terakhir huruf S= menandakan aki memiliki pole besar.
Contoh rumusnya, seperti NS40ZLS ? type Jepang, 40Ah – 20% + 10% =  35 Ah, pole kutub negatif di sebelah kiri dan  kepala aki besar.
Saya mengambil contoh kode N40. aki ini punya daya 40Ah, .  type aki yang memiliki pole kepala aki besar bukan hanya yang memiliki kode ’S’ di paling belakang, seperti NS40ZS, NS40ZLS, NS60S dan NS60LS, tapi type N40 ini juga memiliki pole kepala aki besar. Kenapa? Karena dasarnya yang harus diingat yang memiliki kepala aki kecil hanya aki yang berkode ’NS’ di depan angka dan memiliki ampere di bawah 45Ah. Berarti NS70 = 70Ah – 20% = 56Ah, memiliki pole kepala aki besar, meski tanpa memiliki kode ’S’ di paling belakang. Tambahan lain yang perlu diingat, kode aki yang memiliki kode huruf  ’L’, dipastikan kutup pole negatif berada di posisi sebelah kiri, dan yang tidak memiliki kode ’L’, dipastikan juga kutub negatifnya berada di posisi sebelah kanan.Sebagai contoh :
  • N 40 = Kapasitas 40 Ah
  • NS 40 = kapsitas 32 Ah
  • NS 40 Z = Kapsitas 35 Ah
  • NS 40 ZS = Kapasitas 35 Ah dg terminal pole lebih besar
  • NS 40 ZLS = Kapasitas 35 Ah dg terminal (+) dan (-) terbalik
Lantas bagaimana cara mengetahui posisi pole di aki? Caranya, pastikan pole aki harus persis di depan Anda disesuaikan dengan cara baca “danger / peringatan” dengan benar, kemudian lihat pole negatif ada di sebelah kiri atau kanan.
Satu sisi, perkembangan zaman belakangan ini, semua type aki yang baru bermunculan, namun tetap pada kadar ampere yang sama, hanya pada perubahan kodenya saja. Seperti, 35B24R merupakan kode pengganti NS40Z, yang artinya 35 = 35Ah, B = kode pabrik, 24 = panjang 24 cm, dan R= Right (kanan).
DIN Type (Standar Jerman)
Lain halnya dengan type JIS, type DIN memiliki arti yang berbeda lagi. DIN (Deutsches Institut für Normung) banyak digunakan mobil mobil buatan Eropah Namun penamaannya lebih simpel. Kode aki DIN hanya berupa rangkaian lima angka. Yang perlu diperhatikan, adalah tiga digit angka terdepan yang menunjukkan kapasitas powernya.
Digit pertama melambangkan angka pertama daya, 5 = 0, 6 = 1, 7 = 2. kedua angka berikutnya tinggal ditempelkan ke angka pertama untuk mengetahui daya aki. Misal kode 55533, angka pertama 5 = 0, lalu dua angka berikutnya 55, maka daya aki ini adalah 055Ah. Contoh lain kode 60038, yang berarti angka pertama 6 = 1, dan angka dua berikutnya 00, yang artinya daya aki ini adalah 100Ah.
Seluruh aki punya kode besar dan letak kepala pole akinya itu “tenggelam“ (sering disebut mendem), sehingga total tinggi/TT (ditambah tinggi pole) sama dengan tinggi/T (hanya sampai wadah aki). Beda dengan  aki JIS yang punya kepala pole akinya “timbul ke atas“ (sering disebut nongol), sehingga total tinggi/TT lebih besar dari tinggi aki/T. Oleh sebab itu, aki type JIS dan DIN mempunyai penggunaan yang relatif berbeda, yang cenderung disesuaikan dengan spesifik jenis mobil.
Jadi, sekarang tidak perlu binggung lagi melihat ukuran ampere yang digunakan di mobil kita. Dengan mencermati ukuran aki lama di mobil kita,  pasti sudah mudah menentukan berapa ampere ukuran yang cocok untuk ditemukan aki yang cocok dengan kendaraan kita. Bukan hanya itu, kita juga bisa mencari aki berkapasitas lebih besar yang disesuaikan dengan breket aki standar
Kode Aki Yuasa
Misal Aki Yuasa dengan 7 digit kode 2106049. Dua nomor paling kiri kode hari, dua angka berikut tanda bulan produksi, dua angka berikut tahun produksi, dan angka terakhir kode negara produksi. Artinya Aki ini diproduksi hari ke-21, di bulan ke-6, di tahun 2004, dan diproduksi di Indonesia.
Kode Aki GS
Sedikit berbeda dengan kode di GS dengan 6 digit yang mencantumkan kode 20B4B5. Tanggal produksi di dua nomor pertama. B berarti dibikin November. GS memberi kode untuk bulan Januari- September menggunakan angka 1 sampai 9. Untuk Oktober-Desember menggunakan kode A sampai C. Angka 4 berarti tahun produksi. Sedangkan B5, waktu shift produksi di pabrik dan di line mana aki diproduksi.
berikut tabel aki pada jenis,type kendaraan

by bro subantsauto end
Request dari bro redbike92 :

wah kebetulan nih tetangga ada yang punya HILINE dan lagi liat2 Aki (bisa pas banget) hehehe…
Aki DAIHATSU TAFT (bensin) NS 70, klo Solar pake yang ampere-nya 100 AH bro..
Aki DAIHATSU HILINE NS 70


Untuk Peugeot 206, 306, 405, 605
Pakai Yuasa Pafecta 55559 (55Ah)

atau
Pakai GS 555-59 (55Ah)

Harga Aki GS-Astra dapat dilihat di sini (new tab/window)

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.