PERMASALAHAN
KENDARAAN
Terkadang
ada kalanya mobil kesayangan kita tidak mau dihidupkan. Nahhal ini tentunya
membuat kita bingung. Berikut merupakan beberapa faktor penyebib mesin susah
dihidupkan :
Mesin
susah dihidupkan dikala masih dingin:
- Accu kosong/tegangan kurang
- Terminal Accu kendor / korosi
- Busi rusak, setelah gap tidak tepat
- Masalah Pada Choke
- Masalah PadaSistem Injeksi (fuel injection)
- Pengapian bermasalah
- Kompresi silinder rendah
- Fuel Pressure Regulator bermasalah
Mesin
susah dinyalakan dikala mesin panas:
- Filter udara kotor/tersumbat
- Masalah Pada Choke
- Masalah Pada sistem injeksi (fuel injection)
- Kompresi silinder rendah.
Motor starter berisik dikala
distarter:
- Gigi pinion starter/ flywheel patah.
- Baut dudukan motor starter lepas atau hilang.
- Komponen di dalam motor starter rusak/aus.
Mesin
tersendat/tertahan ketika akselerasi
- Busi rusak/setelah gap tidak tepat
- Kebocoran Vacuum di karburator, throttle body, intake manifold atau selang-selang vacuum lainnya.
- Karburator bermasalah
- Sistem injeksi (fuel injection) bermasalah
Mesin
stall:
- Kebocoran Vacuum di karburator, throttle body, intake manifold atau selang-selang vacuum lainnya.
- Filter bensin mampet
- Masalah Pada Fuel Pump, supply dan tekanan bensin rendah
- Ventilasi tangki bensin tersumbat atau pipa/saluran bensin tersumbat/terjepit
- Masalah Pada Karburator
- Masalah Pada Sistem Injeksi (fuel injection)
Mesin
kehilangan tenaga:
- Masalah Pada timing belt yang tidak tepat
- Filter bensin tersumbat
- Masalah Pada Fuel Pump, supply dan tekanan bensin rendah
- Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah
- Busi rusak/ gap busi tidak tepat
- Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
- Masalah Pada Karburator
- Masalah Pada Sistem Injeksi (fuel injection)
- Rem mengunci
- Kopling slip (habis)
Mesin
Backfire (nembak-nembak):
- Pemasangan Timing Belt tidak tepat
- Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
- Masalah Pada Karburator
- Masalah Pada Sistem Injeksi (fuel injection).
- Sistem Pengapian bermasalah (kabel busi terbalik urutannya)
Mesin
bisa hidup, Lalu kemudian mati lagi:
- Masalah Pada pelistrikan pada rangkaian pengapian.
- Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
- Masalah Pada Karburator
- Masalah Pada Sistem Injeksi (fuel injection)
Idle/Langsam
tidak rata:
- Penyetelan idle speed yang tidak tepat.
- Filter udara kotor
- Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
- Busi rusak/ gap busi tidak tepat
- Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah
- Lobes pada CamShaft sudah ada yang rusak
- Pemasangan Timing Belt tidak tepat
- Karburator bermasalah
- Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.
Mesin
mengalami misfire saat idle/langsam:
- Busi rusak/ gap busi tidak tepat
- Masalah Pada Kabel busi
- Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
- Masalah Pada Karburator
- Masalah Pada Sistem Injeksi (fuel injection).
- Distributor Cap retak atau aus
- Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah
- Kabel ground tidak baik/terputus
- Kebocoran selang ventilasi mesin (crankcase ventilation hose)
Mesin
mengalami misfire sepanjang perjalanan:
- Filter bensin mampet/kotor
- Masalah Pada Fuel Pump, supply dan tekanan bensin rendah
- Ventilasi tangki bensin tersumbat atau pipa/saluran bensin tersumbat/terjepit
- Busi rusak/ gap busi tidak tepat
- Distributor Cap retak atau aus
- Masalah Pada Kabel busi
- Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah
- Masalah Pada Ignition Coil
- Masalah Pada Karburator
- Masalah Pada Sistem Injeksi (fuel injection)
Mesin
tetap hidup sekalipun kunci kontak sudah dimatikan:
- Terlalu banyak tumpukan karbon pada ruang bakar (silinder)
- Mesin terlalu lama dijalankan pada suhu yang tinggi.
- Masalah Pada Solenoid Karburator
- Masalah Pada Kunci kontak
Mesin
ngelitik saat akselerasi / menanjak:
- Timing pengapian tidak tepat
- Masalah pada sistem pengapian
- Busi rusak/ gap busi tidak tepat
- Salah pakai jenis bensin (oktan terlalu rendah)
- Terlalu banyak tumpukan karbon pada ruang bakar (silinder)
- Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
- Masalah Pada Karburator
- Masalah Pada Sistem Injeksi (fuel injection)
- See more at:
http://www.kiosban.com/mengetahui-faktor-penyebab-mesin-susah-dihidupkan/#sthash.fE19SfsR.dpuf
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.